fbpx
Sale!

Montessori : Seni Menggali Potensi Anak Sejak Dini

Rp79.000 Rp67.150

Kunci Pengasuhan Anak Masa Kini

“Anak-anak beraktivitas demi sebuah proses itu sendiri. Sementara orang dewasa beraktivitas demi meraih hasil akhir.”

Perbedaan inilah yang membuat orang tua seringkali terjebak dalam pengasuhan anak. Orang tua menganggap anak-anak adalah makhluk kecil yang tidak tahu apa-apa, kemudian membatasi pergerakannya karena khawatir yang berlebih, atau selalu meladeninya ini-itu.

Padahal, di dalam diri anak tersimpan potensi luar biasa yang sudah dibawanya sejak lahir dan pendidikan yang tepat merupakan proses untuk menguak potensi tersebut. Di situlah Montessori yang hadir sejak ratusan tahun lalu, menjadi metode pendidikan yang relevan hingga saat ini.

Aktivitas Montessori mungkin terlihat sederhana, menuang air, menyendok biji-bijian, berjalan di titian garis, meraba abjad, atau menyusun tongkat angka. Bukan tanpa alasan pula, Montessori menata ruangan dan lingkungan sedemikian rupa. Karena dari sinilah anak-anak bisa tumbuh natural, penuh kepedulian, disiplin, dan perlahan potensinya terkuak dengan begitu ajaibnya.

Di tengah dunia yang bergerak serbacepat, buku ini bisa menjadi bekal perjalanan pengasuhan Anda. Bukan untuk menjadi orang tua yang menuntut perkembangan instan, melainkan orang tua yang mau berproses untuk menggali potensi anak dengan bahagia.

 

“Pendidikan harus dipahami sebagai cara aktif membantu anak untuk memperluas cakupan normal kehidupannya.”
—Maria Montessori, The Montessori Method

“Dengan demikian observasi ilmiah telah menegaskan bahwa pendidikan bukanlah apa yang diberikan oleh guru; pendidikan adalah proses spontan alamiah yang dilaksanakan oleh individu manusia dan diperoleh bukan dengan mendengarkan kata-kata, melainkan lewat pengalamannya di lingkungan.”
—Maria Montessori, Education for A New World

 

Keunggulan Buku
1. Menciptakan rumah dan sekolah yang mendukung bakat anak
2. Pendekatan Montessori untuk kemampuan baca-tulis
3. Panduan praktis penerapan Montessori di rumah dan sekolah

 

MONTESSORI UNTUK SEMUA

(Sebuah kata pengantar dari Rosalynn Tamara, founder Montessori Haus Asia)

 

Mengenali Montessori adalah sebuah proses perjalanan yang tidak akan berhenti. Semakin kita mengetahui, semakin kita akan melihat betapa pembentukan manusia begitu ajaib dan luar biasa. Bahkan, dapat kita katakan di luar apa yang kita bayangkan. Sebuah perjalanan kehidupan yang dimiliki setiap orang dari semua kalangan, bukan hanya kepunyaan segelintir orang.

Memahami Montessori adalah sebuah usaha dan perjuangan yang terus-menerus harus berjalan. Setiap hari kita akan dibukakan dan disingkapkan apa yang harus kita ketahui, serta melatih diri dan pikiran supaya lebih bisa peduli dan memakai hati serta kedewasaan dalam berpikir. Sungguh bukan suatu hal yang mudah atau hanya dalam sekejap dapat kita pahami. Ini adalah sebuah perjalanan.

Bagaimana orang tua bersikap adalah gerbang dari bagaimana anak akan memahami dunia dan isinya. Betapa krusialnya jika kita sebagai orang tua tidak memahami bagaimana anak itu bertumbuh dan berkembang. Sungguh sebuah pemahaman yang tidak semua orang bisa dapatkan dari semula ia melahirkan bahkan mengandung seorang anak. Tidak ada kata terlambat jika pemahaman itu baru datang sekarang saat Anda sudah menimang mungkin lebih dari satu anak. Karena ada banyak hal yang bisa kita perbaiki jika menyadarinya hanya dengan mengganti cara berpikir, melihat dari sudut yang berbeda serta mengubah cara kita bersikap terhadap anak-anak kita.

Diperlukan mentor yang bisa terus mengingatkan tanpa bosan ataupun lelah. Diperlukan kata-kata penguat maupun penghiburan ketika badan lelah lunglai dan jiwa nelangsa dalam menjalaninya. Terkadang perlu adanya bukti hasil berbagi dari orang lain untuk kita bisa dikuatkan dan percaya.

Montessori berbicara mengenai percaya atau beriman terhadap hal yang akan dialami oleh anak-anak kita, bahwa setiap anak memiliki potensi yang luar biasa. Potensi itu bagaikan bibit yang hendak ditanam. Diperlukan rasa percaya bahwa bibit tersebut akan bertumbuh sehat dan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Kita harus percaya bahwa mereka memiliki potensi terpendam yang perlu digali dan ditumbuhkan.

Melalui buku ini, saya yakin bahwa Anda akan mendapatkan banyak sekali pemahaman dan pengetahuan mengenai bagaimana mempersiapkan diri Anda sebagai orang tua ataupun pendidik untuk membantu proses pembentukan karakter serta menggali potensi anak-anak kita semenjak dini. Ibu Paula Polk Lillard akan menerangkan dengan kata-kata yang sederhana dan dapat kita mengerti sebagai orang dewasa mengenai bagaimana Montessori perlu dipahami supaya kita bisa memberikan support yang maksimal kepada anak-anak kita.

Menciptakan rumah dan sekolah yang mendukung bakat anak akan menjadikan sebuah bangsa makin berkembang. Bakat setiap anak yang akan tumbuh dan merekah pada waktu yang tepat sungguh sebuah perihal yang tidak ternilai. Banyak dari kita yang mengikuti seminar ataupun pelatihan agar dapat memahami mengenai lingkungan yang dipersiapkan, tetapi sedikit dari kita yang dapat mengimplementasikannya. Kita tentu menginginkan adanya petunjuk dalam membersamai si kecil. Hal ini bisa menjadi sebuah perihal yang sangat umum. Namun, hal yang perlu kita pelajari, sekali lagi adalah bagaimana kita dapat memaksimalkan diri untuk bisa menggali potensi anak sejak dini. Waktu terus berjalan dan tidak bisa dihentikan. Jika kita bisa belajar sekarang, kenapa harus tunggu besok atau lusa. Mari kita lakukan sekarang tanpa penundaan terlalu lama lagi.

Melalui buku ini, secara ringan dan juga dengan kata-kata sederhana, Ibu Paula Polk Lillard akan membantu kita memahaminya. Selamat menikmati buku ini sebagai hasil karya Paula Polk Lillard untuk semua orang karena Montessori itu adalah untuk semua orang.

 

Penerbit: Bentang Pustaka
Penulis: Paula Polk Lillard
ISBN: 978-602-291-773-1
Berat: 250 Gram
Dimensi (P/L/T): 14 Cm / 21 Cm/ 0 Cm
Halaman: 240 hlm
Jenis Cover: Soft Cover

Berat 250 g
Dimensi 14 × 21 × 1 cm

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Montessori : Seni Menggali Potensi Anak Sejak Dini”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top