fbpx
Sale!

Seri Tempo: Daud Beureueh

Rp60.000 Rp54.000

Teungku Daud Beureueh, ulama dan tokoh masyarakat karismatik Aceh, mengangkat senjata melawan pemerintah pusat pada 1953. Lalu perang datang silih berganti di Tanah Rencong hingga pergantian abad.

Sungguh ironis. Teungku Daud adalah orang yang me­nyam­but proklamasi kemerdekaan Indonesia 1945 dengan sum­pah setia. Ia mencintai Indonesia merdeka: dihimpunnya dana masyarakat Aceh untuk membiayai perjuangan militer dan diplomatik RI melawan tekanan Belanda. Bung Karno bahkan menganggap Aceh sebagai “daerah modal repu­­blik” ketika ia berkunjung untuk pertama kali pada 1948.

Lantas mengapa pemimpin Darul Islam Aceh itu berontak? Mengapa pula di Serambi Mekah terjadi konflik yang berkepanjangan? Inilah kisah ulama yang dikhianati, kisah perlawanan daerah terhadap kekuasaan pusat yang mengekang.

Kisah tentang Daud Beureuh adalah satu cerita tentang “Tokoh Islam di Awal Kemerdekaan”, yang diangkat dari liputan khusus Majalah Berita Mingguan Tempo pada 2003-2010. Serial ini menampilkan wajah Islam Indonesia yang beragam: dari dulu hingga kini selalu ada orang yang mengedepankan jalan moderat dan demokratis, tapi ada pula—karena kekecewaan—menyokong radikalisme dan kekerasan.

Judul: Seri Tempo: Daud Beureueh
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia
Penulis: Tempo
Halaman: 176 hlm
ISBN: 9789799110558
Berat: 200 Gram
Dimensi (P/L/T): 15 Cm / 23 Cm/ 0 Cm
Jenis Cover: Soft Cover

HARGA TOKO RP 60.000

Berat 200 g
Dimensi 15 × 23 × 1 cm

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Seri Tempo: Daud Beureueh”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top